-->

Tanaman Obat Batuk dan Diare

Tanaman Kingkip (Bahasa Sunda Tangerang) adalah pohon yang dijadikan  tanaman hias yang keberadaannya sudah langkah, namun dibalik tanaman ini banyak manfaat yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat. Tanaman ini bisa tumbuh dipekarangan rumah atau ladang.

Tanaman  ini memiliki nama ilmiah Triphasia trifolia DC dan Triphasia trifolia Lour. Selain itu, jenis tanaman ini pun memiliki nama tradisional yang cukup beragam. Seperti limau kunci (bahasa Melayu), kalijage, kingkip (bahasa Sunda), jeruk kingkit (bahasa Jawa), jeruk rante (bahasa Madura), lemo-lemo (bahasa Makassar), lemo-lemo (di Ternate) dan serta joji koyo (di Tidore).




Buah Kingkip, tanaman yang satu ini memang sering kali dianggap sebagai tanaman hias untuk memperindah ruangan atau pemandangan. Hal tersebut dikarenakan tanaman Jeruk Kingkit memiliki ukuran mini dan tidak bisa tumbuh tinggi. Selain itu Buah Kingkip juga memiliki bentuk buah yang cukup unik dan menarik, sehingga lebih cocok dijadikan sebagai tanaman  hias.

Namun dibalik bentuknya yang unik dan kegunaannya sebagai tanaman hias, nyatanya Buah Kingkip memiliki segudang manfaat tersembunyi yang mungkin jarang diketahui banyak orang.  Di dalam tanaman tersebut tersimpan sejuta senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh.
Buah Kingkip mengandung beragam zat berkhasiat tinggi seperti coumarin, umbelliferone, serta tripasol. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai obat alami penyakit gonore, diare serta batuk kronis. Manfaat dari Buah Kingkip ini sejatinya belum umum diketahui banyak orang, pasalnya mereka hanya beranggapan bahwa tanaman Buah kingkip memiliki kegunaan sebagai tanaman hias saja.

Namun, dari segi kesehatan Buah Kingkip seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi masalah penyakit batuk kronis. Nah untuk anda yang tengah menderita batuk, anda bisa membuat ramuan yang manjur dari Buah Kingkip untuk mengatasinya. Berikut tips untuk membuat ramuan tersebut :

1.Persiapkan 20 gram Jeruk Kingkip yang terlebih dahulu anda bersihkan menggunakan air  dan pastikan sudah terbebas dari kotoran.

2.Gunakan wadah seperti gelas untuk menampung jeruk yang telah selesai anda bersihkan.

3.Tuangkan segelas air mendidih dalam gelas yang berisikan Jeruk Kingkit tersebut, diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga Jeruk tersebut layu.

4.Tambahkan sedikit gula jika anda tidak begitu menyukai rasa masam, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa Jeruk memiliki rasa masam yang sangat kuat, tak terkecuali Buah Kingkit. 

5.Pisahkan Jeruk Kingkip yang direndam dari air seduhan tadi, kemudian minum air tersebut hingga habis. Lakukan kegiatan ini secara rutin, agar batuk yang anda derita lekas sembuh.
khasiat Buah Kingkip sebagai obat batuk alami yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.



0 Response to "Tanaman Obat Batuk dan Diare"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel