-->

Pisang Klutuk dengan segala manfaatnya buat kesehatan tubuh.





 KHASIAT JANTUNG PISANG KLUTUK/BATU


Pisang batu merupakan tanaman asli indonesia yang kebanyakan orang hanya memenfaatkan daunnya saja,sedangkan buahnya sering di abaikan bahkan di buang begitu
saja.Padahal rasa buah pisang batu cukup manis walaupun penuh dengan biji,  karena kebanyakan bijinya itu orang banyak yang tidak suka. Padahal biji pisang batu banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Jantung pisang banyak mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). Siapapun pasti akan tergiur untuk mengolah jantung pisang menjadi masakan dan makanan yang lezat.  Adapun manfaat jantung pisang antara lain:

1.    Mengobati penderita diabetes – Baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus saja ini, sangat efektif untuk turunkan kandungan gula darah.
2.    Baik untuk diet – karena jantung pisang memberikan efek kenyang lebih lama, dari pada manfaat  nasih putih karena memiliki serat yang tinggi dan rendah
3.    Mencegah kanker – Mengurangi efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat anti oksidan yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.
4.    Menyembuhkan infeksi – karena jantung pisang memiliki kandungan etanol dan dapat menghalangi perkembangan bakteri
5.    Meningkatkan produktivitas ASI – Bukan hanya manfaat daun katuk yang mampu meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu, tetapi jantung pisang dapat menjadi alternatif makanan untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui.
6.    Kaya serat – Mengandung serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1.
7.    Mencegah stroke – Caranya yaitu dengan menggunakan satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.
8.    Mencegah Kolesterol – Mampu mengikat lemak jahat dan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan
9.    Menyehatkan Perut – Melancarkan pencernaan karena jantung pisang mengandung fiber yang tinggi.
10. Melancarkan siklus darah – karena jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.
11. Anti penuaan – Mampu melakukan perbaikan beberapa sel, karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal
12. Mencegah penyakit gondok – karena jantung pisang mengandung yodium
13. Meningkatkan produksi sel darah merah – Kandungan di dalam jantung pisang yang mengandung zat besi, sehingga akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.
14. Mengontrol darah saat menstruasi – Hal ini terjadi karena jantung pisang yang di rebus mempunyai kekuatan untuk mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid.

0 Response to "Pisang Klutuk dengan segala manfaatnya buat kesehatan tubuh."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel