-->

Hak dan Kewajiban Muslim Terhadap Sesama Muslim

Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw pernah bersabda bahwa ada lima hak kewajiban yang patut diperhatikan oleh seorang muslim terhadap sesama muslim yang lainnya yakni :

Pertama : menjawab salam. Salam merupakan do'a yang disampaikan oleh seorang muslim terhadap saudaranya yang lain ketika bertemu, baik ketika langsung bertatap muka ataupun lewat media lainnya seperti telepon, televisi, radio ataupun media tulisan. Rasulullah saw menyatakan bahwa menebarkan salam baik kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal merupakan salah satu ajaran islam yang terbaik yang sangat bernuansa sosial disamping memberi makan orang yang lapar (fakir miskin). Sungguh indah sekali rasanya jika kita terapkan saling menebarkan salam ini diantara kita kaum muslimin yang artinya saling mendo'akan atas keselamatan saudaranya.... indah sekali... indah sekali ajaran Islam ini. Yang kecil mengucapkan salam kepada yang lebih tua serta dijawab oleh yang tua, yang datang mengucapkan salam kepada yang didatangi dan yang didatangipun menjawab salamnya, yang berjalan memberi salam kepada yang duduk / diam, yang berkendaraan memberi salam kepada yang berjalan dan seterusnya. Dan bahkan Rasulullah saw pernah menyatakan bahwa yang memberi salam lebih dahulu adalah yang terbaik. 


Kedua : menjenguk saudara kita yang sedang sakit yaitu menghiburnya, mendo'akannya supaya kembali diberikan kesehatan yang cukup. Rasulullah saw bahkan bukan hanya menjenguk saudara seiman beliau yang sakit tetapi yang tidak seimanpun beliau jenguk, seperti yang diriwayatkan oleh salah satu hadist yang menyatakan bahwa Rasulullah saw menjenguk seorang Yahudi yang sakit dan menganjurkan kepadanya untuk masuk Islam maka masuklah Yahudi yang sakit tersebut kedalam agama Islam karena tersentuh dengan akhlaq Rasulullah tersebut. 

Ketiga : menyelenggarakan mayyit, yaitu mulai dari memandikannya, mengafaninya, men-sholat-kannya hingga mengantarkan serta menguburkan jasadnya ditempat peristirahatan jasadnya yang terakhir. Tetapi setidak-tidaknya kita berta'ziah kepada keluarga beliau dengan mengucapkan belasungkawa atas wafatnya beliau serta memberikan hiburan dan nasihat kepada sanak keluarga yang ditinggalkannya. 

Keempat : memenuhi undangan, baik itu undangan lisan maupun undangan tertulis. Banyak diantara kita masih meremehkan tentang undangan ini. Dan bahkan kita juga tidak jarang menyatakan kata "Insya Allah" untuk menolaknya, padahal kata yang kita sebutkan tersebut adalah merupakan kata janji seorang muslim bukan hanya untuk yang mengundang tetapi bahkan berjanji kepada Allah swt. Jika kita benar-benar tidak dapat menghadirinya katakanlah yang sebenarnya dan mintalah ma'af sebagai kata penyesalan bahwa kita mungkin tidak dapat memenuni undangan tersebut. 

Kelima : mendo'akan orang yang bersin (bangkis). Ketika seseorang muslim selesai bersin biasanya beliau mengucapkan pujian kepada Allah swt (Alhamdulillah) dan setelah itu hendaklah kita do'akan semoga beliau mendapatkan rahmat dari Allah swt (Yarhamukallah). Semoga lima hal yang sangat amat islami diatas dapat kita hidupkan dalam kehidupan kita yang selama ini mungkin terlupakan dan bahkan banyak diantara kita yang menganggap remeh persoalan-persoalan diatas. Semoga Allah swt selalu membimbing kita untuk selalu berjalan di-shirot yang diridhoiNya.... amien.......

0 Response to "Hak dan Kewajiban Muslim Terhadap Sesama Muslim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel